Pendidikan kedokteran di tingkat universitas terus berkembang seiring dengan perubahan kebutuhan dalam dunia medis yang semakin kompleks. Salah satu komponen penting dalam pendidikan kedokteran adalah evaluasi pembelajaran yang efektif, yang dapat mengukur kemampuan mahasiswa dalam mengaplikasikan pengetahuan, keterampilan, dan sikap klinis secara holistik. Sebagai salah satu metode penilaian yang semakin populer di berbagai institusi pendidikan kedokteran, Computer-Based Testing (CBT) berbasis Multiple Choice Questions (MCQ) telah terbukti menjadi alat yang efektif dalam menilai pemahaman mahasiswa dalam berbagai disiplin ilmu.
Namun, dalam konteks kedokteran, penilaian melalui soal MCQ tradisional sering kali tidak cukup untuk menggali kemampuan mahasiswa dalam menghadapi situasi klinis nyata yang membutuhkan pemikiran kritis dan penerapan pengetahuan secara langsung. Untuk itu, soal vignette atau soal berbasis studi kasus telah muncul sebagai solusi untuk menilai kemampuan mahasiswa dalam menghubungkan pengetahuan teoretis dengan skenario praktis yang lebih realistis.
Soal vignette CBT MCQ merupakan tipe soal yang mengintegrasikan skenario klinis yang mendalam dengan pertanyaan pilihan ganda, yang tidak hanya menguji pengetahuan dasar, tetapi juga kemampuan analisis dan pengambilan keputusan klinis. Soal vignette ini sering kali digunakan untuk menggambarkan situasi klinis yang kompleks, di mana mahasiswa diminta untuk melakukan evaluasi dan memilih jawaban yang paling tepat berdasarkan situasi tersebut. Penggunaan soal vignette ini memungkinkan untuk menguji pemahaman mahasiswa dalam konteks yang lebih aplikatif, serta meningkatkan kemampuan mereka dalam berpikir kritis dan memecahkan masalah.
Pentingnya pengembangan soal vignette dalam format CBT MCQ ini memunculkan kebutuhan untuk pelatihan lebih lanjut bagi pengajar dan pengembang soal. Workshop ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang cara merancang soal vignette yang efektif dan relevan dengan kurikulum kedokteran. Serta bagaimana soal tersebut dapat diintegrasikan dalam platform CBT yang berbasis teknologi untuk memastikan penilaian yang objektif, adil, dan efisien.
Melalui Workshop Pembuatan Soal Vignette CBT MCQ, para peserta (dosen, pengajar, dan pengembang soal) akan dibekali dengan keterampilan dalam merancang soal vignette. Mencakup berbagai aspek klinis, mulai dari diagnosis hingga pengelolaan penyakit, yang mencerminkan tantangan yang dihadapi oleh dokter dalam praktik sehari-hari. Workshop ini juga akan membahas teknik evaluasi yang sesuai untuk memastikan bahwa soal-soal yang dibuat dapat mengukur kemampuan berpikir kritis, klinis, serta pemecahan masalah mahasiswa.
Tujuan Workshop:
- Meningkatkan keterampilan pengembang soal dalam merancang soal vignette yang berkualitas untuk ujian berbasis komputer (CBT).
- Mengintegrasikan teori dengan praktik dengan mengembangkan soal vignette yang menggambarkan situasi klinis yang realistis.
- Meningkatkan kualitas evaluasi pembelajaran di fakultas kedokteran dengan soal-soal yang mampu menguji keterampilan berpikir kritis dan pengambilan keputusan klinis mahasiswa.
- Meningkatkan pemahaman dan keterampilan dosen dalam menggunakan platform CBT untuk penilaian berbasis teknologi.
- Memberikan pemahaman tentang konsep dan aplikasi vignette dalam soal CBT MCQ.
- Mengajarkan teknik pembuatan soal vignette yang efektif dan valid.
- Melatih dosen dalam menyusun dan menguji soal vignette untuk CBT.
- Meningkatkan keterampilan dosen dalam merancang soal yang mampu mengukur kompetensi klinis mahasiswa secara akurat.
Materi kegiatan dalam pelaksanaan Workshop ini antara lain :

Workshop ini dilaksanakan secara hybrid pertemuan luring dan daring melalui zoom meeting. Pada hari Senin 12 September 2024 pada pukul 10.00-12.00 WIB di Fakultas Kedokteran, Gedung Siti Bariyah Ruang Kuliah SB 201. Materi disampaikan oleh narasumber dr. Yeny Dyah Cahyaningrum, M.Med.Ed. Melalui metode presentasi materi dan diskusi, sesi praktik individu/kelompok, dan review serta umpan balik terhadap soal yang dibuat peserta.
Dengan adanya workshop ini, diharapkan pengembang soal, pengajar, dan pengelola pendidikan kedokteran dapat meningkatkan kualitas penilaian berbasis soal vignette CBT MCQ yang lebih menantang, aplikatif, dan dapat mendorong mahasiswa untuk berpikir secara lebih mendalam dan kritis dalam menghadapi situasi klinis di dunia nyata.